Nusantara 2019, Digital Heritage Documentation Tropical school

Kelompok Keahlian Inderaja dan Sains Informasi Geografis (KK-INSIG) bekerja sama dengan Laboratorium ICube-TRIO INSA Strasbourg mengadakan kegiatan pelatihan “Nusantara 2019: Digital Heritage Documentation Tropical School”. Nusantara Tropical School diadakan pada tanggal 2-9 Agustus 2019 yang bertempat di kompleks Candi Sewu, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan kepada arkeologis dan aktivis cagar budaya mengenai penggunaan teknologi spasial baik itu berbasis gambar (fotogrametri rentang dekat dan drone fotogrametri) maupun berbasis rentang (Laser Scanner) dalam melakukan pemodelan 3D. Kegiatan Tropical School diikuti oleh 24 peserta dengan latar belakang keilmuan yang berbeda-beda seperti geodesi, geomatika, arsitektur, sipil dan konservasi serta asal negara yang berbeda-beda seperti Indonesia, Prancis, Thailand dan Bahrain. Kegiatan Tropical School ini didukung oleh banyak sponsor seperti PT. Wisesa Berkah Bumi, PT. Airborne Informatics, PT. Asaba Surveying Division, Hexagon Leica, dan Inovamap. Kegiatan ini didukung oleh Campus France, CIPA Heritage, ICOMOS, ISPRS, Balai Konservasi Borobudur, Badan Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, Fondazione Bruno Kessler, Agisoft, dan PT. Exsol Innovindo.

Acara dimulai pada hari Sabtu, 2 Agustus 2019 dengan melakukan registrasi peserta di D’Salvatore Hotel yang bertempat tidak jauh dari Bandara Adi Sucipto. Sebagai pembukaan, sebagian peserta yang sudah melakukan registrasi diberikan kesempatan untuk ikut serta mengunjungi Candi Borobudur untuk melakukan tur.

Kegiatan pelatihan dilakukan selama enam hari yaitu pada tanggal 3 Agustus sampai dengan 9 Agustus 2019. Pelatihan yang dilakukan meliputi pelatihan fotogrametri, fotogrametri rentang dekat, laser scanner, dan pengukuran terestris yang dilaksanakan di kelas dan lapangan.

Pada akhir pelatihan dilakukan presentasi untuk setiap kelompok. Kegiatan presentasi akhir merupakan wadah bagi peserta untuk menampilkan hasil yang didapat selama kegiatan Tropical School secara berkelompok.

Kegiatan penutupan dilaksanakan pada saat Gala Dinner yang dilakukan di Bale Raos Kraton Jogjakarta. Kegiatan berisi makan malam, pengumuman pemenang presentasi terbaik dan pembagian sertifikat kegiatan, dan pemberian ucapan terima kasih kepada sponsor yang telah terlibat dalam kegiatan.

Berita Terkait